Info Harga Proyektor, Spesifikasi Proyektor Terkini

Thursday, January 12, 2017

4 Tips Memilih Layar Yang Bagus Untuk Proyektor


Layar Yang Bagus Untuk Proyektor - Hai, ProyektorPedia kali ini akan memberikan tips memilih Layar Yang Bagus Untuk Proyektor. 

layar yang bagus untuk proyektor.jpg
Screen proyektor atau Layar proyektor merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil proyeksi dari proyektor. 

Untuk dapat  menampilkan gambar secara maksimal pada layar, ada hal – hal yang harus diperhatikan mulai dari tipe – tipe layar, jarak tembak, metode proyeksi sampai  permukaan layar

Dan ini beberapa tipe layar yang harus anda ketahui :

1. Manual Pull Down Screen

layar proyektor murah.jpg

Manual Pull Down Screen adalah Screen proyektor dengan penempatan di dinding. Untuk mengeluarkan screen, kita harus menariknya secara manual.

2. Motorized Screen

bahan layar proyektor.jpg
Motorized Screen adalah Screen proyektor dengan penempatan di dinding. Tetapi, screen ini memiliki kelebihan adanya motor yang dapat menggulung dan mengeluarkan screen secara otomatis saat kita menekan remote controlnya.

3. Tripod Screen

kain layar proyektor.jpg

Tripod Screen adalah Screen proyektor yang mempunyai tiang dan kaki untuk penyangga.tipe ini cukup fleksibel karena tidak bergantung pada suatu tempat.

4. Portable Screen

ukuran layar proyektor.jpg

Portable Screen adalah Screen proyektor yang di desain khusus untuk Mobile user. Tipe ini sangat mudah penggunaan dan penempatannya.

5. Table Screen

bahan kain untuk layar tancap.jpg

Table Screen adalah tipe layar terkecil dan paling ringan. Tipe ini juga biasa dipergunakan untuk Mobile User serta mudah dalam penggunaan dan penempatannya.

6. Fast fold Screen

harga layar proyektor gantung.jpg

Fast fold Screen adalah screen yang biasa dipakai untuk format besar. Tipe ini mempunyai kerangka di tiap sisi dan mempunyai kaki yang kokoh.

7. Fixed Frame Screen

layar proyektor otomatis.jpg

Model screen yang mempunyai bingkai tetap di setiap sisi. Fixed Frame Screen biasa dipakai untuk Home Theater atau meeting room.

Sebelum Anda memilih layar untuk proyektor, pastikan Anda memperhatikan 4 hal berikut :

#Jenis Screen Projector – Mobile atau Fixed (Wall or Ceiling Mounted)

Sebelum membeli sebuah Screen Projector, Anda harus menetapkan terlebih dahulu apakah layar tersebut akan ditempatkan secara permanen pada suatu ruangan (Wall/Ceiling Mounted) atau akan digunakan juga pada tempat yang berbeda (Mobile Screen).

Untuk layar yang dipasang secara permanan didinding, Anda bisa menggunakan Layar Proyektor yang dioperasikan secara Manual atau Motorized. Sementara, untuk layar yang dapat dipindah-pindahkan dapat menggunakan Layar model Tripod, Foldable dan Portable.

#Ukuran Layar dan aspect ratio

Ketika mempertimbangkan ukuran layar yang tepat, hal yang perlu diperhatikan adalah: ukuran ruangan, letak posisi tempat duduk audien dan teknology proyektor yang relevant. Audien tidak boleh terlalu dekat dengan layar karena mereka akan sulit melihat seluruh gambar. Dan Sebaliknya, Audien juga jangan terlalu jauh dari layar.

#Tetapkan ukuran layar yang pas

  • Lebar layar harus sama atau kurang dari 1/2 jarak tempat duduk pada baris pertama
  • Lebar layar harus sama atau kurang dari 1/6 jarak tempat duduk pada baris terakhir
Jika nilai perkiraan berbeda, maka lebar layar dengan nilai terbesar yang digunakan. Sedangkan, ketinggian layar dapat dengan mudah dihitung secara sederhana, dimana perhitungan dimulai dari format proyeksi atau aspek ratio yang dipilih (korelasi sisi layar):

1:1 proyektor standard
4:3 proyeksi video / Standard TV
16:9 proyeksi untuk laya lebar seperti bioskop atau TV High Definition (HDTV)

Untuk presentasi menggunakan PC umumnya digunakan aspek rasio 4:3, tapi untuk saat ini format 16:9 juga telah banyak digunakan.

Bagaimana menentukan ketinggian layar dari lantai:
  • Ketinggian layar dari lantai harus sama atau lebih dari 1/8 jarak dari layar ke tempat duduk penonton dibaris terakhir
  • Pada ruangan yang berlantai horizontal jarak tepi bawah layar dari lantai harus tidak kurang dari 1,3-1,5 meter. Tidak dianjurkan untuk meninggikan layar lebih tinggi lagi, karena pemandangan akan membuat lelah penonton / audiennya

#Jenis Bahan Layar

Sifat reflektif dari permukaan layar depan juga penting, ketika memilih layar proyektor yang tepat. Ini biasa dinyatakan sebagai Faktor Luminance (umumnya disebut Gain Factor). Gain Factor mengukur tingkat efisiensi dari permukaan layar dalam merefleksikan aliran cahaya dan mengindikasikan seberapa tinggi proporsi yang tercermin oleh layar tertentu dibandingka dengan permukaan putih standar. Juga, ada korelasi langsung antara Gain Factor dengan sudut penglihatan.
Semakin tinggi Gain Factor, maka semakin terbatas sudut penglihatan. Area penglihatan adalah dua kali sudut penglihatan. Beda pelapis permukaan layar akan menghasilkan refleksi gambar yang berbeda.

Ada 2 jenis perbedaan permukaan layar depan, yakni layar dengan type D (D=diffuse) dan type S (S=specular).
  • Permukaan Layar Proyektor Type D
Permukaan layar jenis ini sangat cocok pada ruangan yang agak gelap. Audien dapat duduk diruang yang lebih luas.
  1.     menyebarkan cahaya ke segala arah (horizontal dan vertical)
  2. adalah Matte White
  3. Memiliki sudut pandang 45° – 50°
  4. Memiliki Gain Factor 1-1.2
  • Permukaan Layar Proyektor Type S
Permukaan layar type ini sangat cocok pada ruangan dengan tingkat pencahayaan tinggi. Pengaturan tempat duduk harus disesuaikan untuk mengakomodasi penglihatan yang menyempit.
  1. Memantulkan cahaya sepanjang sumbu proyeksi dua kali lebih terang dari layar Matte White
  2. Memiliki warna mother-of-pearl
  3. Memiliki sudut pandang sekitar 30° – 40°
  4. Memiliki Gain Factor 2-2.2

#Jenis Proyektor Yang Digunakan

Selain ketiga kriteria diatas, pemilihan teknology Proyektor juga berperan penting. Semua teknology proyektor yang tersedia harus diperhitungkan juga sebelum memutuskan membeli Screen Projector.
Pertimbangkan untuk berbagi informasi tentang Screen Projector dengan kerabat / kolega Anda, barangkali mereka membutuhkan informasi ini.
Incoming search terms for Screen Proyektor:
  1. membuat layar proyektor sendiri
  2. bahan layar proyektor
  3. membuat layar proyektor
  4. cara membuat layar proyektor sendiri
  5. cara membuat screen proyektor sendiri

Semoga artikel ProyektorPedia kali ini dapat bermanfaat dan membantu Anda yang sedang mencari layar untuk proyektor. 
Baca juga artikel ProyektorPedia sebelumnya yang membahas 7 Merk Proyektor TV Yang Bagus 
~SEKIAN ~

0 comments:

Post a Comment

Apa masih ada yang ingin ditanyakan dari Postingan di Atas?

 

Teknologi

Resources

Travel