Info Harga Proyektor, Spesifikasi Proyektor Terkini

Monday, January 2, 2017

Ini Lho Perbedaan DLP dan LCD pada proyektor

ProyektorPedia - Apa sih perbedaan DLP dan LCD pada proyektor? Proyektor merupakan alat optik yang digunakan untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. Proyektor ternyata memiliki 2 teknologi projection system yang berbeda yaitu Proyektor DLP dan Proyektor LCD. Lalu apa perbedaan dari kedua projection system tersebut ? 


perbedaan proyektor dlp dan lcd.jpg

Mari kita simak penjelasan di bawah ini :
Proyektor di pasaran saat ini menggunakan dua jenis teknologi yang berbeda yaitu Teknologi DLP (Digital Light Processing) dan Teknologi LCD (Liquid Crystal Display). Kedua jenis teknologi proyektor tersebut memiliki keunggulan masing-masing. 

Teknologi Proyektor DLP ( Digital Light Processing) merupakan sebuah teknologi optik semikonduktor yang ditemukan oleh Dr. Larry Hornbeck of Texas Instruments in 1987.
DLP merupakan teknologi tercanggih pada sistem projektor yang dari DMD tersebut memiliki 2 juta micromirors yang masing-masing micromirors pada DLP ini ukurannya seperlima rambut manusia.
Micromirors pada DLP mampu menghasilkan 1024 warna putih dan hitam, ini yang menjadikan DLP terkesan sangat baik ketika menampilkan warna putih atau hitam pada layar.
Sebuah cahaya putih dari sinar lampu pada teknologi DLP akan melewati panel roda warna red, green, blur yang dengan proses tersebut proyektor dapat menampilkan warna 16,7 juta dan nantinya hasil dari pemfilteran cahaya putih terhadap panel roda red, green, blue ini akan menghasilkan warna tambahan yaitu cyan, magenta  dan bahkan yellow dan teknologi seperti ini hanya ada di Proyektor DLP.
Selain itu teknologi DLP juga tercatat sebagai teknologi proyektor yang lebih bandel terhadap lingkungan luar yang kurang bersahabat seperti asap, debu dan suhu yang terlalu lembab ataupun terlalu panas yang dapat mengakibatkan proyektor lebih pendek umurnya. 

proyektor dlp terbaik.jpg

Teknologi Proyektor LCD (Liquid Crystal Dysplay) merupakan teknologi canggih dari sebuah proyektor yang dapat memberikan kualitas warna dan gambar yang sebenarnya.
Proyektor dengan teknologi LCD pertamakali dikeluarkan oleh EPSON dengan tipe VPJ 700 pada tahun 1989 dan pertamakali dibuat pada tahun 1980.
Proyektor LCD ini menggunakan sistematik sebagai berikut :
Dari sebuah cahaya yang lalu diteruskan ke 3 panel cermin red, green, blue dan setiap panel chip LCD menerima sinyal yang akhirnya dari ketiga panel warna tersebut menyatukan hasil cahaya dari panel masing-masing kedalam sebuah prisma hingga dapat menghasilkan warna yang sangat terang dan indah. 


pengertian lcd proyektor.jpg

Berikut ini gambaran perbedaan proyektor DLP VS LCD 
 
Proyektor Dengan Teknologi DLP
Proyektor Dengan Teknologi LCD
Kelebihan :
  • Bandel terhadap lingkungan luar
  • Hasil warna untuk hitam dan putih lebih bagus ketimbang LDC 
  •  Hasil gambar pada movie atau gambar gerak terlihat bagus, halus dan hidup 
  • Harga bisa dibilang lebih murah untuk type LOW END
  • Memiliki ukuran lebih kecil dibanding dengan proyektor LCD

Kekurangan :
  • Hasil warna kurang sama / sesuai dengan yang ada dilayar komputer, karena hasil dari pemfilteran DLP yang menggabungkan 3 panel warna.

Kelebihan :
  • Dapat menampilkan hasil gambar/warna yang sangat terang, indah dan sesuai 
  • Sangat cocok untuk design grafis 
  • Dengan daya listrik yang sama proyektor LCD lebih terang sehingga lebih efisien

      


                 
Kekurangan :
  • Memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan proyektor jenis DLP 
  • Lebih rawan dan dibutuhkan perawatan yang ekstra dari pengguna

Nah setelah kita mengetahui perbedaan antara proyektor dengen teknologi DLP dan proyektor dengan teknologi LCD maka bisa disimpulkan bahwa Proyektor dengan teknologi DLP lebih unggul karena untuk presentasi warna putih lebih terang dan warna hitam lebih tebal dan ini sangat membantu apabila kita membuka file WORD atau EXCEL, dan proyektor dengan teknologi DLP ini tentunya lebih tahan lama.
Namun jika anda bergerak dalam bidang desain grafis untuk bahan presentasi anda, tentunya anda menginginkan hasil warna yang sesuai dengan apa yang sudah anda buat di komputer dan pilihannya adalah proyektor dengan teknologi LCD.
Tetapi semua itu kembali lagi kepada anda masing-masing, apakah anda ingin menggunakan proyektor dengan teknologi DLP ataukah proyektor dengan teknologi LCD, itu semua terserah selera anda.



Terimakasih dan Sekian dari saya.

0 comments:

Post a Comment

Apa masih ada yang ingin ditanyakan dari Postingan di Atas?

 

Teknologi

Resources

Travel